TANGKIBIOSEPTIK.COM

Apakah Septic tank Perlu Dikuras ?

Ilustrasi-Apakah-Septic-tank-Perlu-Dikuras---Image-By-Freepik

Pertanyaan apakah septic tank perlu dikuras secara berkala sering muncul karena satu dan beberapa hal. Diantara kita mungkin bertanya setelah mengalami kendala hal yang tak diinginkan, sementara sebagian orang bertanya pada saat proses instalasi fasilitas ini sedang berjalan.

Dalam lingkungan rumah tangga, septic tank merupakan komponen krusial dalam sistem pengelolaan limbah. Terletak di bawah tanah, septic tank bertanggung jawab untuk memproses dan menyaring limbah rumah tangga.

Meskipun jarang terlihat, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan kinerja optimal septic tank. Artikel ini akan membahas kebutuhan akan pengurasan septic tank dan jenis-jenis septic tank yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Baca Juga : Mengenal Cara Kerja Septic Tank

Alasan Septictank Perlu Dikuras

Pencegahan Tumpukan Lumpur dan Tinja:

Septic tank secara alami mengumpulkan lapisan lumpur dan tinja dari limbah domestik. Tanpa pengurasan yang tepat, tumpukan ini dapat mencapai tingkat di mana kapasitas septic tank terbatas, menyebabkan potensi masalah sanitasi.

Mencegah Kerusakan Struktural:

Proses penguraian limbah dapat menyebabkan tekanan berlebih pada dinding septic tank. Dengan pengurasan yang teratur, kita dapat mencegah kerusakan struktural yang dapat mengakibatkan kebocoran dan biaya perbaikan yang tinggi.

Minimalkan Risiko Bau Tak Sedap:

Limbah yang terurai dalam septic tank menghasilkan gas berbau tak sedap. Pengurasan membantu mengurangi risiko bau tidak menyenangkan yang dapat merembes ke lingkungan sekitar.

Optimalkan Efisiensi Sistem:

Septic tank yang dijaga dengan baik memiliki kapasitas lebih besar untuk menampung limbah. Dengan kapasitas yang optimal, sistem dapat memproses limbah dengan lebih efisien. Baca Juga : Tanda-tanda Septictank Mulai Bermasalah

Frekuensi Septic Tank Perlu Dikuras

Seberapa sering septic tank perlu dikuras? Pertanyaan ini umumnya tergantung pada beberapa faktor. Sebagai panduan umum, septic tank sebaiknya diuras setiap 3-5 tahun. Namun, faktor seperti ukuran keluarga, volume limbah, dan jenis sistem septik dapat memengaruhi frekuensi pengurasan.

Jika terdapat indikasi masalah seperti pembuangan limbah yang lambat atau bau tak sedap, septic tank mungkin memerlukan pengurasan lebih sering. Konsultasikan dengan ahli sanitasi atau teknisi septik untuk menentukan jadwal yang tepat untuk kebutuhan rumah tangga Anda.

Beberapa jenis Septic Tank secara berkala membutuhkan proses pengurasan. Sementara modernisasi filterisasi membuat kegiatan ini tidak dilakukan secara berkala, bahkan tidak dikuras sama sekali dalam jangka waktu lama.

Septic Tank Beton:

  • Kapasitas Besar: Septic tank beton biasanya memiliki kapasitas besar, tetapi tetap memerlukan pengurasan berkala.
  • Pemeliharaan Rutin: Pengurasan setiap 3-5 tahun disarankan untuk menjaga kinerja optimal.

Septic Tank LDPE BIOVISI :

  • Ringan dan Mudah Dipasang: produk ini memiliki kelebihan ringan, sehingga mudah dalam hal instalasi. Proses pengurasan lebih lama, bahkan jika digunakan dengan benar, proses ini dapat tidak dilakukan sama sekali.
  • Pengurasan Berkala: Produk Biovisi pada dasarnya dirancang untuk proses filterisasi secara alami, tanpa meninggalkan polutan padat di dalamnya. Kecuali pada saat produk dipakai secara berlebihan (Over kapasitas), kemasukan pembersih lantai dan bahan kimia lain, proses pengurasan sering dilakukan antara 6-7 tahun sekali. Baca Juga : Alasan Septictank Bisa Bebas Kuras

Septic Tank Fiberglass:

  • Tahan Karat dan Ringan: Septic tank fiberglass lebih tahan terhadap korosi dan memiliki bobot yang lebih ringan.
  • Jadwal Pengurasan: Secara umum, diuras setiap 3-5 tahun atau sesuai petunjuk produsen. Beberapa produk memiliki fasilitas filtrasi modern, sehingga proses pengurasan bisa berlangsung dalam waktu lama.

Septic Tank Tanah Liat:

  • Ramah Lingkungan: Septic tank tanah liat biasanya ramah lingkungan.
  • Jadwal Pengurasan: Frekuensi pengurasan tetap setiap 3-5 tahun, tetapi dapat bervariasi tergantung pada kondisi tanah liat.

Pengurasan septic tank adalah langkah penting untuk memastikan kinerja optimal sistem sanitasi rumah tangga. Dengan memilih jenis septic tank yang sesuai dengan kebutuhan dan menjaga jadwal pengurasan yang tepat, kita dapat meminimalkan risiko masalah sanitasi, menjaga kebersihan lingkungan, dan meningkatkan umur pakai sistem septik. Konsultasikan dengan ahli sanitasi atau teknisi septik untuk panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi rumah tangga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office & Wokshop

Jl. Beringin Bendo No. 27, Taman, Sidoarjo.
08113167772