TANGKIBIOSEPTIK.COM

Cegah Septic Tank Meledak, Hindari Beberapa Hal Berikut

Ilustrasi-Cegah-Septic-Tank-Meledak,-Hindari-Beberapa-Hal-Berikut---Image-by-Freepik

Cegah septic tank meledak pada dasarnya bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Nah sebelum kejadian ini terjadi, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan, dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Sebagai bagian penting dari sistem pengelolaan limbah domestik, septictank adalah infrastruktur yang umumnya digunakan di banyak rumah. Meskipun sebagian besar orang mungkin menganggapnya sebagai komponen yang bekerja tanpa masalah, tetapi kenyataannya adalah, septictank bisa mengalami kegagalan yang serius, bahkan hingga meledak.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab utama yang dapat menyebabkan septictank meledak dan solusi yang dapat diambil untuk mencegah risiko ini.

Baca Juga :

Overloading

Salah satu penyebab utama meledaknya septictank adalah overloading. Overloading terjadi ketika terlalu banyak limbah diproduksi atau dibuang ke dalam septictank dibandingkan dengan kapasitasnya. Jika jumlah limbah melebihi kapasitas septictank, tekanan internal dapat meningkat secara signifikan, menyebabkan mekanisme pelepasan tekanan yang berlebihan dan, pada kasus ekstrem, meledaknya septictank.

Solusi: Kendalikan penggunaan air di rumah Anda, perbaiki kebocoran, dan pastikan untuk tidak membuang bahan-bahan yang tidak dapat diuraikan oleh septictank.

Kurangnya Pemeliharaan

Septictank memerlukan pemeliharaan rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Jika tidak dilakukan pembersihan dan pemompaan secara teratur, endapan padatan akan mengumpul di dasar septictank, menyebabkan peningkatan tekanan dan risiko kegagalan.

Solusi: Cegah Septic Tank Meledak karena hal ini dengan Jadwalkan pembersihan dan pemompaan rutin sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh profesional septictank. Ini akan memastikan bahwa tanki tetap dalam kondisi optimal.

Penggunaan Bahan Kimia yang Berlebihan

Beberapa pemilik rumah mungkin menggunakan bahan kimia pembersih yang kuat atau bahan kimia rumah tangga lainnya yang dapat merusak keseimbangan bakteri dalam septictank. Pemusnahan bakteri ini dapat menyebabkan penumpukan gas yang dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan di dalam septictank.

Solusi: Gunakan produk pembersih yang ramah lingkungan dan tidak merusak bakteri di dalam septictank. Hindari pembuangan bahan kimia berlebihan ke dalam saluran pembuangan.

Tanah yang Tidak Stabil

Septictank yang terpasang di tanah yang tidak stabil atau lemah dapat mengalami pergeseran atau penurunan. Ini dapat menyebabkan retakan atau kerusakan struktural lainnya yang dapat meningkatkan risiko meledak, lalu bagaimana Cegah Septic Tank Meledak ?

Solusi: Pastikan septictank terpasang di tanah yang kokoh dan stabil. Jika tanah di sekitar septictank cenderung berubah, pertimbangkan untuk memasang penyangga atau mendukung struktural lainnya.

Kesalahan Desain Instalasi

Desain instalasi yang buruk atau tidak memadai juga dapat menjadi penyebab meledaknya septictank. Ini dapat mencakup kesalahan dalam perencanaan kapasitas, pemilihan lokasi yang tidak tepat, atau penggunaan materi yang tidak sesuai.

Solusi: Pastikan bahwa instalasi septictank dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dan sesuai dengan panduan perancangan yang berlaku.

Meskipun septictank seringkali dianggap sebagai sistem yang bekerja tanpa masalah, kegagalan dalam pemeliharaan dan pemakaian yang tidak benar dapat menyebabkannya meledak. Dengan memahami penyebab utama tersebut dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga agar septictank berfungsi dengan baik dan menghindari risiko meledak yang dapat merugikan. Melibatkan profesional septictank secara teratur untuk pemeriksaan dan pemeliharaan dapat menjadi langkah proaktif untuk menjaga keberlanjutan sistem pembuangan limbah di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office & Wokshop

Jl. Beringin Bendo No. 27, Taman, Sidoarjo.
08113167772

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!

Read More »