TANGKIBIOSEPTIK.COM

Tips Perawatan Septic Tank agar Tetap Berfungsi Optimal

Ilustrasi Tips Perawatan Septic Tank - Image by Freepik

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips perawatan septic tank secara berkala. Bukan hal mustahil, kesalahan kecil dari proses pemeliharaan yang terlewat, bisa berdampak sangat fatal, diantaranya kejadian fasilitas septictank meledak yang banyak terjadi di masyarakat.

Untuk memastikan septictank tetap berfungsi dengan optimal dan mencegah masalah sanitasi, perawatan rutin diperlukan. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan septictank Anda.

Baca Juga

Hindari Pembuangan Bahan Kimia Berbahaya

Sebisa mungkin, hindari pembuangan bahan kimia berbahaya seperti pelarut, cat, dan obat-obatan ke dalam saluran pembuangan. Bahan-bahan ini dapat merusak bakteri-bakteri sehat di dalam septictank, mengurangi kemampuannya dalam mengolah limbah.

Pentingnya Pembuangan Sampah yang Benar

Tips perawatan septic tank selanjutnya adalah, pastikan untuk tidak membuang sampah non-biodegradable ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Sampah-sampah ini dapat menghambat aliran air dan memicu masalah serius dalam sistem septictank.

Jangan Overload dalam Penggunaan Air

Gunakan air secara bijak dan hindari pemakaian berlebihan. Overload air dapat membuat septictank bekerja terlalu keras dan mengganggu proses penguraian limbah. Hindari mencuci banyak cucian atau membuang air berlebihan dalam waktu singkat.

Lakukan Pembersihan Rutin

Lakukan pembersihan rutin oleh penyedia jasa septictank profesional. Pembersihan ini membantu menghilangkan lapisan lumpur di dasar septictank yang dapat menghambat proses pengolahan limbah.

Gunakan Bakteri Pengurai Limbah

Tambahkan bakteri pengurai limbah yang ramah lingkungan ke dalam septictank. Bakteri-bakteri ini membantu mempercepat proses penguraian limbah, menjaga keseimbangan bakteri di dalam septictank.

Hindari Pembuangan Minyak dan Lemak

Jangan membuang minyak dan lemak ke dalam saluran pembuangan. Minyak dan lemak dapat membentuk lapisan di dalam septictank dan menghambat proses penguraian limbah.

Pentingnya Ventilasi yang Baik

Pastikan sistem ventilasi septictank berfungsi dengan baik. Ventilasi yang baik membantu mengurangi bau tidak sedap dan menjaga kesehatan bakteri di dalam septictank.

Perhatikan Tanda-tanda Masalah

Amati tanda-tanda masalah seperti bau tidak sedap, peningkatan waktu proses penguraian, atau tanda-tanda kebocoran. Jika Anda mendeteksi masalah, segeralah konsultasikan dengan penyedia jasa septictank untuk tindakan lebih lanjut.

Dengan mengikuti tips perawatan septictank di atas, Anda dapat memastikan sistem pengolahan limbah di rumah tetap berjalan optimal. Lakukan perawatan secara rutin dan hindari kebiasaan yang dapat merusak fungsi septictank. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar Anda.

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office & Wokshop

Jl. Beringin Bendo No. 27, Taman, Sidoarjo.
08113167772