TANGKIBIOSEPTIK.COM

Septic Tank Meluber dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi-Septic-Tank-Meluber-dan-Cara-Mengatasinya - Image by Freepik

Septic tank meluber dapat menjadi masalah serius bagi pemilik rumah. Selain menimbulkan aroma tidak sedap, meluber juga dapat mencemari lingkungan sekitar. Artikel ini akan membahas alasan mengapa septic tank bisa meluber dan memberikan solusi efektif untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga :

Kurangnya Pemeliharaan Rutin:

Salah satu alasan utama permasalahan ini adalah kurangnya pemeliharaan rutin. Septic tank memerlukan perawatan secara teratur agar tetap berfungsi dengan baik. Jika tidak ada pemompaan rutin, endapan padat dalam septic tank dapat mencapai level yang tinggi dan menyebabkan meluber.

Solusi: Lakukan pemompaan septic tank secara teratur, biasanya setiap 3-5 tahun sekali, tergantung pada ukuran tangki dan penggunaan harian.

Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan:

Penggunaan bahan kimia rumah tangga yang berlebihan, seperti pembersih toilet dan deterjen, dapat merusak keseimbangan bakteri dalam septic tank. Bakteri ini penting untuk mengurai limbah dan menghindari pembentukan endapan yang berlebihan.

Solusi: Gunakan bahan kimia rumah tangga secukupnya dan pilih produk yang ramah lingkungan.

Tingkat Air Tanah yang Tinggi:

Jika tingkat air tanah di sekitar septic tank terlalu tinggi, itu dapat menyebabkan meluber karena kesulitan drainase. Air tanah yang tinggi dapat mendorong air kotor keluar dari septic tank.

Solusi: Pertimbangkan untuk meningkatkan sistem drainase atau pemasangan pompa pengering untuk mengatasi masalah tingkat air tanah yang tinggi.

Kerusakan pada Sistem Septic Tank:

Kerusakan pada komponen septic tank, seperti pipa atau tangki, dapat menyebabkan kebocoran dan meluap. Kegagalan komponen ini dapat terjadi karena penuaan atau kerusakan struktural.

Solusi: Lakukan pemeriksaan rutin terhadap sistem septic tank dan segera perbaiki setiap kerusakan yang ditemukan.

Penggunaan Toilet Sanitasi:

Beberapa orang mungkin menggunakan toilet sebagai tempat pembuangan sampah non-organik. Sampah ini dapat menyumbat pipa dan menghambat aliran limbah ke septic tank.

Solusi: Ingatlah bahwa toilet bukan tempat pembuangan sampah non-organik. Gunakan tempat sampah untuk barang-barang tersebut.

Mengatasi masalah ini memerlukan kombinasi perawatan rutin, penggunaan bahan kimia yang bijaksana, penanganan tingkat air tanah, dan pemantauan terhadap kondisi sistem. Dengan melakukan langkah-langkah preventif ini, pemilik rumah dapat menjaga septic tank tetap berfungsi optimal dan menghindari masalah meluber yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office & Wokshop

Jl. Beringin Bendo No. 27, Taman, Sidoarjo.
08113167772